📖 𝗛𝗮𝘀𝘆𝗶𝘆𝗮𝗵 𝗔𝗹-𝗕𝗮𝗶𝗷𝘂𝗿𝗶 𝗦𝘆𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗙𝗮𝘁𝗸𝗵𝘂𝗹 𝗤𝗼𝗿𝗶𝗯
📓 𝗛𝘂𝗸𝘂𝗺 𝗕𝗲𝗿𝗾𝘂𝗿𝗯𝗮𝗻 𝗦𝘂𝗻𝗻𝗮𝗵 𝗠𝘂𝗮𝗸𝗸𝗮𝗱
قوله سنة مؤكدة أي في حقنا و أما في حقه ما فهي واجبة
‘‘𝘜𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘮𝘶𝘴𝘩𝘰𝘯𝘯𝘪𝘧: ‘‘𝙎𝙪𝙣𝙣𝙖𝙝 𝙈𝙪𝙖𝙠𝙠𝙖𝙙‘‘, 𝘢𝘳𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘬 𝘬𝘪𝘵𝘢 𝘶𝘮𝘢𝘵 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘮𝘮𝘢𝘥 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘪𝘵𝘶 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝙎𝙪𝙣𝙣𝙖𝙝 𝙈𝙪𝙖𝙠𝙠𝙖𝙙 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯. 𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘮𝘮𝘢𝘥 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝙒𝙖𝙟𝙞𝙗.‘‘
📓 𝗢𝗿𝗮𝗻𝗴 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗗𝗶𝗽𝗲𝗿𝗶𝗻𝘁𝗮𝗵 𝗕𝗲𝗿𝗾𝘂𝗿𝗯𝗮𝗻
والمخاطب بها المسلم البالغ العاقل الحر المستطيع وكذا المبعض اذاملك مالا يبعضه الحر
✍ 𝗢𝗿𝗮𝗻𝗴 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗶𝗸𝗵𝗶𝘁𝗵𝗼𝗯 (𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗶𝘁𝘂𝗷𝘂) 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗯𝗲𝗿𝗾𝘂𝗿𝗯𝗮𝗻 𝗮𝗱𝗮𝗹𝗮𝗵:
1️⃣ 𝘔𝘶𝘴𝘭𝘪𝘮.
2️⃣ 𝘉𝘢𝘭𝘪𝘨𝘩.
3️⃣ 𝘉𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢𝘭.
4️⃣ 𝘔𝘢𝘮𝘱𝘶.
5️⃣ 𝘔𝘶𝘣'𝘢𝘥 (𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘥𝘦𝘬𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘩𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘥𝘢𝘬) 𝘢𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘭𝘪𝘬𝘪 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘳𝘥𝘦𝘬𝘢.
📓 𝗨𝗸𝘂𝗿𝗮𝗻 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗗𝗶𝗮𝗻𝗴𝗴𝗮𝗽 𝗠𝗮𝗺𝗽𝘂
و المراد بالمستطيع من يقدر عليها فاصلة عن حاجته وحاجة ممونه يوم العيد و أيام التشريق لأن ذلك وقتها و نظير ذلك زكاة الفطر فانهم اشترطوا فيها أن تكون فاضلة عن حاجته وحاجة ممونه يوم العيد وليلته لأن ذلك وقتها و يحتمل أنه يكفى أن تكون فاضلة عما يحتاجه فى ليلة العيد و يومه فقط كما في صدقة التطوع لأنها نوع صدقة ولذلك كانت من المكاتب متوقفة على اذن سيده كسائر تبرعاته وهى أفضل من صدقة التطوع للاختلاف في وجو بها
‘‘𝘠𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘪𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘶𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯, 𝘥𝘢𝘯 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘶𝘯𝘺𝘢𝘪 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘵𝘶𝘩𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘵𝘶𝘩𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘵𝘢𝘯𝘨𝘨𝘶𝘯𝘨𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘳𝘢𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘳𝘪-𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘵𝘢𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶𝘯𝘺𝘢 𝘜𝘥𝘩𝘪𝘺𝘺𝘢𝘩 (𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯)
𝘗𝘦𝘳𝘣𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘻𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘧𝘪𝘵𝘳𝘢𝘩. 𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘜𝘭𝘢𝘮𝘢' 𝘮𝘦𝘯𝘴𝘺𝘢𝘳𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘻𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘧𝘪𝘵𝘳𝘢𝘩, 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘵𝘶𝘩𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘵𝘶𝘩𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘯𝘨𝘨𝘶𝘯𝘨𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘐‘𝘦𝘥 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘭𝘢𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘐‘𝘦𝘥 ,𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶𝘯𝘺𝘢 𝘻𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘧𝘪𝘵𝘳𝘢𝘩.
𝘈𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘯𝘨𝘬𝘪𝘯𝘢𝘯 (𝘯𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘪𝘯𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘭𝘦𝘮𝘢𝘩): 𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘵𝘶𝘩𝘢𝘯 𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘳𝘢𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘳𝘢𝘺𝘢 𝘴𝘢𝘫𝘢 (𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘵𝘢𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬). 𝘈𝘭𝘢𝘴𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘴𝘩𝘰𝘥𝘢𝘲𝘰𝘩 𝙩𝙖𝙩𝙝𝙤𝙬𝙪‘ (𝘴𝘶𝘬𝘢 𝘳𝘦𝘭𝘢) 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘴𝘩𝘰𝘥𝘢𝘲𝘰𝘩. 𝘋𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘪𝘮𝘶𝘬𝘢𝘵𝘢𝘣 (𝘣𝘶𝘥𝘢𝘬) 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘨𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘴𝘢𝘺𝘺𝘪𝘥𝘯𝘺𝘢 (𝘵𝘶𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢) 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘢𝘮𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘴𝘪𝘮𝘶𝘬𝘢𝘵𝘢𝘣 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘨𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘴𝘢𝘺𝘺𝘪𝘥𝘯𝘺𝘢.
𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘩𝘰𝘥𝘢𝘲𝘰𝘩 𝙩𝙖𝙩𝙝𝙤𝙬𝙪‘, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘪𝘬𝘩𝘵𝘪𝘭𝘢𝘧 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝙒𝙖𝙟𝙞𝙗 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 (𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣).‘‘
📓 𝗣𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮𝗮𝗻 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗔𝘀𝘆-𝗦𝘆𝗮𝗳𝗶'𝗶:
وقال الشافعي لا أرخص في تركها لمن قدر عليها
‘‘Berkata 𝙄𝙢𝙖𝙢 𝘼𝙨𝙮-𝙎𝙮𝙖𝙛𝙞'𝙞, ‘‘Tidaklah Aku memberi 𝙍𝙪𝙠𝙝𝙨𝙝𝙤𝙝 (keringanan) pada meninggalkan berqurban bagi orang yang mampu atasnya berqurban.‘‘
و مراد مرضى الله عنه أنه يكره تركها للقادر عليها سواء كان من أهل البوادي أو من أهل الحضر أو السفر ولا فرق بين الحاج وغيره فقد ضحى صلى الله عليه وسلم في منى عن نسائه بالبقر رواء الشيخان
𝘔𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢𝘢𝘯 𝙄𝙢𝙖𝙢 𝘼𝙨𝙮-𝙎𝙮𝙖𝙛𝙞'𝙞 𝘳𝘰𝘥𝘭𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘯𝘩𝘶, 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘳𝘶𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢𝘭𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯, 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘵𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘶𝘥𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘵𝘢𝘱 (𝘥𝘦𝘴𝘢) 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘳 (𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘧𝘪𝘳) 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘮𝘶𝘴𝘢𝘧𝘪𝘳 (𝘳𝘢𝘯𝘵𝘢𝘶) 𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘦𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘫𝘪 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘭𝘢𝘪𝘯𝘯𝘺𝘢 (𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱 𝘥𝘪𝘴𝘶𝘯𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶) 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘶𝘴𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘶𝘥𝘶𝘬 𝘮𝘶𝘲𝘪𝘮 𝘥𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘪𝘯-𝘭𝘢𝘪𝘯𝘯𝘺𝘢.
𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘮𝘮𝘢𝘥 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘥𝘪 𝙈𝙞𝙣𝙖 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘪𝘴𝘵𝘳𝘪-𝘪𝘴𝘵𝘳𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘱𝘪 (𝘩𝘢𝘥𝘪𝘵𝘴 𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘽𝙪𝙠𝙝𝙤𝙧𝙞 𝘥𝘢𝘯 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢).‘‘ Semoga bermanfaat.
📡 𝗥𝗲𝗳𝗲𝗿𝗲𝗻𝘀𝗶:
📚: [𝗛𝗮𝘀𝘆𝗶𝘆𝗮𝗵 𝗔𝗹-𝗕𝗮𝗷𝘂𝗿𝗶 𝗷𝗶𝗹𝗶𝗱 𝟮 𝗵𝗮𝗹𝗮𝗺𝗮𝗻 𝟮𝟵𝟲]