Setiap masjid pasti mempunyai manajemen sendiri dalam mengelola jamaah. Masjid Jami’ Al Mukarramah salah satu masjid yang mengelola jamaah dengan berorientasi pada pelayanan jamaah. Setiap acara, kegiatan serta program masjid selalu kembali pada kenyamanan jamaah serta kesejahteraan jamaah. Manajemen Masjid Jami' Al Mukarramah merupakan manajemen masjid modern yang berlandaskan pada nilai-nilai masjid pada zaman Rasulullah SAW yang dimana masjid menjadi jantung pokok kegiatan masyarakat serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.
Sejarah manajemen Masjid
Ta’mir masjid Jami' Al Mukarramah bersama para ta’mir lainnya, masuk
pada langkah strategis dan praktis, yaitu dengan konsep Manajemen Masjid ada
di 3 langkah: Pemetaan, Pelayanan, dan Pemberdayaan.
Pada konteks Pemetaan, bisa diartikan, setiap Masjid harus
memiliki peta dakwah yang jelas, wilayah kerja yang nyata, dan jama’ah yang
terdata. Pendataan yang dilakukan Masjid terhadap jama’ah mencakup potensi dan
kebutuhan, peluang dan tantangan, kekuatan dan kelemahan.
Di masjid jami' al mukarramah, para Ta’mir akan mengupayakan Sensus Masjid. Pendataan tahunan ini
menghasilkan Data Base dan Peta Dakwah komprehensif.
Data Base dan Peta Dakwah Jami' Al Mukarramah tak cuma mencakup nama
KK dan warga, pendapatan, pendidikan, dan lainnya, melainkan sampai pada siapa
saja yang shalat dan yang belum, yang berjama’ah di Masjid dan yang tidak, yang
sudah berqurban dan berzakat di Baitul Maal Masjid Jami Al Mukarramah, yang aktif
mengikuti kegiatan Masjid atau belum, yang berkemampuan di bidang apa dan
bekerja di mana, dan seterusnya. Diushakan sedetail itu.
Peta Dakwah Al Mukarramah memperlihatkan gambar kampung yang
rumah-rumahnya berwarna-warni: hijau, hijau muda, kuning, dan seterusnya,
hingga merah. Di tiap rumah, ada juga atribut ikonik: Ka’bah (sudah berhaji),
Unta (sudah berqurban), Koin (sudah berzakat), Peci, dan lain-lain. Konfigurasi
rumah sekampung itu dipakai untuk mengarahkan para Da’i yang cari rumah.
Data potensi Jama’ah dimanfaatkan sebaik-baiknya. Segala
kebutuhan Masjid Jami' Al Mukarramah yang bisa disediakan jama’ah, diorder dari
jama’ah. Masjid Jami' Al Mukarramah juga berkomitmen tidak membuat Unit Usaha agar tak
menyakiti jama’ah yang memiliki bisnis serupa. Ukhuwah umat Islam di Pabayan Al Mukarramah dibangun dengan kuat. Tiap pekan, Masjid Jami' Al Mukarramah menerima
banyak jamaah dari para wisatawan lokal maupun luar. Konsumsi untuk para tamu, diorderkan secara bergiliran dari
jama’ah yang memiliki rumah makan.
Studi Banding
Jika ingin bersilaturahmi ke Masjid Jami' Al Mukarramah untuk study
banding bisa terlebih dahulu mengirimkan surat pengajuan dan diemailkan ke masjid.almukarramah.pabayan@gmail.com. Adapun
surat tersebut setidaknya menyertakan nama lembaga, Tanggal kedatangan,
jam kedatangan, jumlah peserta, dan contact person. Setelah email
terkirim dapat menghubungi kontak kami untuk konfirmasi.
Atau anda bisa langsung menghubungi CP Manajemen Masjid
dengan mengirimkan form berikut Contoh:
FORM TAMU
Nama dan asal lembaga: Majlis Taklim Masjid Nurul Huda
hari kedatangan: Ahad
Tanggal datang: 19 Januari 2025
Jam datang: 09.00
Jumlah peserta: 43 orang
Tujuan kunjungan: study banding untuk mencari ilmu tentang
pengelolaan manajemen dan pendanaan masjid
Nomor yg bisa dihubungi: 08132xxxxxxxx
Catatan : Konfirmasi kembali H-7 sebelum berangkat