❖ السلام عليكم ورحمةاللـــہ وبركاتـہ ❖
❖ ﺑﺴـــــــــــــــــﻢِ اللـــہﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ❖
Ada masa di mana Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, melarang sahabat untuk menyimpan daging kurban melebihi tiga hari. Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, meminta para sahabat untuk mengonsumsi daging kurban sesuai kebutuhan selama tiga hari. Selebihnya Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, meminta para sahabat untuk berbagi daging kurban.
Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, memberikan waktu tiga hari kepada para sahabat yang memiliki kelebihan daging untuk mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkan karena kondisi kritis di masyarakat.
Di masa kemudian kondisi pangan masyarakat membaik. Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, lalu mencabut larangan penyimpanan daging. Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, setelah itu mempersilakan para sahabatnya untuk mengawetkan daging kurban melebihi hari tasyrik sekalipun.
✍ 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝘀𝗶𝗻𝗶 𝗨𝗹𝗮𝗺𝗮' 𝗳𝗶𝗾𝗶𝗵 𝗸𝗲𝗺𝘂𝗱𝗶𝗮𝗻 𝗺𝗲𝗺𝘂𝘁𝘂𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮:
➡ Pengawetan atau penyimpanan daging kurban tidak dilarang.
Ulama‘ fiqih menganjurkan penyimpanan sepertiga daging kurban yang menjadi kuota konsumsinya, bukan dua pertiga daging kurban yang seharusnya didistribusikan sebagai sedekah kepada orang lain.
📖 𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝘂𝘁 𝗽𝗲𝗻𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮:
تنبيه: لا يكره الادخار من لحم الأضحية والهدي، ويندب إذا أراد الادخار أن يكون من ثلث الأكل، وقد كان الادخار محرما فوق ثلاثة أيام ثم أبيح بقوله صلى الله عليه وسلم لما راجعوه فيه كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ مِنْ أَجْلِ الدَّافَّةِ وَقَدْ جَاءَ اللهُ بِالسَّعَةِ فَادَّخِرُوْا مَا بَدَا لَكُمْ رواه مسلم
“𝘗𝘦𝘳𝘪𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘯: 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘬𝘳𝘶𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘪𝘮𝘱𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘨𝘪𝘯𝘨 𝘬𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘨𝘪𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘮. 𝘗𝘦𝘬𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘢𝘯𝘫𝘶𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘪𝘮𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪𝘨𝘢 𝘥𝘢𝘨𝘪𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘢𝘭𝘰𝘬𝘢𝘴𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘪𝘬𝘰𝘯𝘴𝘶𝘮𝘴𝘪. 𝘋𝘶𝘭𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘪𝘮𝘱𝘢𝘯𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘨𝘪𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩𝘪 𝘵𝘪𝘨𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘪𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱𝘪 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘢𝘴𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢 𝘙𝘰𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘰𝘩 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘬𝘦𝘵𝘪𝘬𝘢 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘮𝘣𝘢𝘭𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢, ‘‘𝘿𝙪𝙡𝙪 𝙢𝙚𝙢𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙪𝙡𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙖𝙡𝙞𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙮𝙞𝙢𝙥𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖 𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖 𝙩𝙖𝙢𝙪. 𝙆𝙞𝙣𝙞 𝘼𝙡𝙡𝙤𝙝 𝙢𝙚𝙢𝙗𝙚𝙧𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙡𝙖𝙥𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣-𝙉𝙮𝙖. 𝙊𝙡𝙚𝙝 𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖 𝙞𝙩𝙪, 𝙨𝙞𝙢𝙥𝙖𝙣𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙜𝙞𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙡𝙖𝙝 𝙟𝙚𝙡𝙖𝙨 𝙗𝙖𝙜𝙞𝙢𝙪,” (𝘼𝙨-𝙎𝙮𝙖𝙧𝙗𝙞𝙣𝙞, 𝙈𝙪𝙜𝙝𝙣𝙞𝙡 𝙈𝙪𝙝𝙩𝙖𝙟 𝙞𝙡𝙖 𝙈𝙖’𝙧𝙞𝙛𝙖𝙩𝙞 𝙈𝙖’𝙖𝙣𝙞𝙡 𝙈𝙞𝙣𝙝𝙖𝙟, [𝘽𝙚𝙞𝙧𝙪𝙩, 𝘿𝙖𝙧𝙪𝙡 𝙈𝙖’𝙧𝙞𝙛𝙖𝙝: 𝟭𝟵𝟵𝟳 𝙈/𝟭𝟰𝟭𝟴 𝙃], 𝙟𝙪𝙯 𝙄𝙑, 𝙝𝙖𝙡𝙖𝙢𝙖𝙣 𝟯𝟴𝟴).
📖 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗥𝗼𝗳𝗶’𝗶 𝗺𝗲𝗻𝗴𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻:
‘‘𝘛𝘢𝘮𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘬𝘦𝘭𝘰𝘮𝘱𝘰𝘬 𝘽𝙖𝙙𝙪𝙞 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬𝘪 𝙆𝙤𝙩𝙖 𝙈𝙖𝙙𝙞𝙣𝙖𝙝 𝘥𝘪 𝘮𝘢𝘴𝘢 𝘙𝘰𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘰𝘩 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢. 𝘔𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘢𝘺𝘢 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘱𝘢𝘤𝘦𝘬𝘭𝘪𝘬 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘭𝘢𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘦𝘳𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘥𝘪 𝘱𝘦𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮𝘢𝘯. 𝘛𝘦𝘵𝘢𝘱𝘪 𝘢𝘥𝘢 𝘜𝘭𝘢𝘮𝘢' 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘢𝘧𝘴𝘪𝘳𝘬𝘢𝘯, 𝘬𝘢𝘵𝘢 “𝙙𝙖𝙖𝙛𝙛𝙖𝙝” 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘶𝘴𝘪𝘣𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘯𝘥𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘺𝘢𝘳𝘢𝘬𝘢𝘵.‘‘ (𝘼𝙨-𝙎𝙮𝙖𝙧𝙗𝙞𝙣𝙞, 𝟭𝟵𝟵𝟳 𝙈/𝟭𝟰𝟭𝟴 𝙃: 𝙄𝙑/𝟯𝟴𝟴).
📝 𝗗𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗱𝗶𝘀𝗶𝗺𝗽𝘂𝗹𝗸𝗮𝗻 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮:
➡ Penyimpanan daging kurban sendiri tergantung pada pemerataan terutama sekali bagi orang-orang yang mengalami kesulitan pangan seperti 𝘼𝙧𝙖𝙗 𝘽𝙖𝙙𝙪𝙞 yang masuk ke dalam 𝙆𝙤𝙩𝙖 𝙈𝙖𝙙𝙞𝙣𝙖𝙝 untuk mendapatkan makanan. Semoga bermanfaat.