Hukum Najis Air & Tanah di jalan saat hujan



❖ السلام عليكم ورحمةاللـــہ وبركاتـہ ❖

❖ ﺑﺴـــــــــــــــــﻢِ اللـــہﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ❖

📜 𝗛𝗨𝗞𝗨𝗠 𝗡𝗔𝗝𝗜𝗦 𝗔𝗜𝗥 𝗗𝗔𝗡 𝗧𝗔𝗡𝗔𝗛 𝗗𝗜 𝗝𝗔𝗟𝗔𝗡 𝗦𝗔𝗔𝗧 𝗠𝗨𝗦𝗜𝗠 𝗛𝗨𝗝𝗔𝗡 

Saat musim hujan tidak jarang rumah tergenang air (banjir) yang berasal dari lubang tempat pembuangan air, dan lubang pembuangan air tersebut tempat membuang najis seperti kencing, tinja dan lain sebagainya.

✍ 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗺𝗲𝗻𝗷𝗮𝗱𝗶 𝗽𝗲𝗿𝘁𝗮𝗻𝘆𝗮𝗮𝗻:

⿡ Apakah air banjir yang berasal dari lubang pembuangan air tersebut najis walaupun saya lihat tidak ada najis yang kasat mata? Karena ada kemungkinan terkena najis yang berasal dari lubang pembuangan tersebut.

⿢ Kadang setelah air banjir itu surut ada sisa-sisa tanah yang membekas di lantai, apakah tanah di lantai itu di hukumi najis juga?

⿣ Di jalanan umum depan rumah kadang ada anjing yang lewat, pada saat musim hujan ada banyak genangan air bahkan kadang juga banjir, pada saat anjing itu lewat di jalanan umum yang basah (saat banjir) apakah najis itu menular di tempat yang di lewati anjing atau banjir di jalan tersebut? karena saat seseorang lewat dalam keadaan jalan yang basah atau saat banjir seseorang akan was-was sandalnya terkena najis anjing karena memang jalan yang dilalui tersebut jalan yang biasa di buat anjing lewat, bagaimana kah solusi permasalahan ini?

📒 𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻 𝗛𝘂𝗸𝘂𝗺 𝗡𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗔𝗶𝗿 𝗱𝗮𝗻 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗵 𝗱𝗶 𝗝𝗮𝗹𝗮𝗻 𝗦𝗮𝗮𝘁 𝗠𝘂𝘀𝗶𝗺 𝗛𝘂𝗷𝗮𝗻:

1. 𝗛𝘂𝗸𝘂𝗺𝗻𝘆𝗮 𝘀𝘂𝗰𝗶 𝗮𝘁𝗮𝘂 𝗸𝗮𝗹𝗮𝘂𝗽𝘂𝗻 𝗻𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗶𝘁𝘂 𝗱𝗶𝗺𝗮𝗮𝗳𝗸𝗮𝗻.

📖 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗦𝘂𝘆𝘂𝘁𝗵𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗔𝗹-𝗔𝘀𝗵𝗯𝗮𝗵 𝘄𝗮𝗻 𝗡𝗮𝘇𝗵𝗼𝗶𝗿, 𝗵𝗹𝗺. 𝟳𝟲, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻:

القاعدة الثالثة المشقة : تجلب التيسير ، الأصل في هذه القاعدة قوله تعالى : ( يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر) وقوله تعالى : ( وما جعل عليكم في الدين من حرج ) ... واعلم أن أسباب التخفيف في العبادات وغيرها سبعة ... السادس : العسر وعموم البلوى . كالصلاة مع النجاسة المعفو عنها , كدم القروح والدمامل والبراغيث , والقيح والصديد , وقليل دم الأجنبي ، وطين الشارع

‘‘𝘒𝘢𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘒𝘦𝘵𝘪𝘨𝘢: 𝘒𝘦𝘴𝘶𝘭𝘪𝘵𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘬𝘪𝘣𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩𝘢𝘯. 𝘋𝘢𝘭𝘪𝘭 𝘢𝘴𝘢𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘢𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘪𝘯𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘧𝘪𝘳𝘮𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘰𝘩 (𝘼𝙡-𝘽𝙖𝙦𝙤𝙧𝙤𝙝 𝙖𝙮𝙖𝙩 𝟭𝟴𝟱): ‘‘𝘼𝙡𝙡𝙤𝙝 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙚𝙣𝙙𝙖𝙠𝙞 𝙠𝙚𝙢𝙪𝙙𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙗𝙖𝙜𝙞𝙢𝙪, 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙚𝙣𝙙𝙖𝙠𝙞 𝙠𝙚𝙨𝙪𝙠𝙖𝙧𝙖𝙣 𝙗𝙖𝙜𝙞𝙢𝙪.‘‘ 𝘋𝘢𝘯 𝘧𝘪𝘳𝘮𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘰𝘩 (𝘼𝙡-𝙃𝙖𝙟 𝙖𝙮𝙖𝙩 𝟳𝟴): ‘‘𝘼𝙡𝙡𝙤𝙝 𝙨𝙚𝙠𝙖𝙡𝙞-𝙠𝙖𝙡𝙞 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞𝙠𝙖𝙣 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙖𝙜𝙖𝙢𝙖 𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙥𝙞𝙩𝙖𝙣.‘‘ 𝘒𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘣 𝘥𝘪𝘳𝘪𝘯𝘨𝘢𝘯𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘪𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘵𝘶𝘫𝘶𝘩... 𝘠𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘦𝘯𝘢𝘮: 𝘬𝘦𝘴𝘶𝘭𝘪𝘵𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘶𝘮𝘶𝘮𝘢𝘯 𝘮𝘶𝘴𝘪𝘣𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘫𝘢𝘥𝘪. 𝘚𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘢𝘵 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯, 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘣𝘰𝘳𝘰𝘬, 𝘫𝘦𝘳𝘢𝘸𝘢𝘵, 𝘬𝘶𝘵𝘶, 𝘯𝘢𝘯𝘢𝘩, 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵, 𝘥𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯.‘‘

📖 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗦𝘆𝗮𝗳𝗶'𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗔𝗹-𝗨𝗺𝗺, 𝗵𝗹𝗺. 𝟮/𝟭𝟭𝟮, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻 𝘁𝗲𝗻𝘁𝗮𝗻𝗴 𝗮𝗶𝗿 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗺𝗲𝗻𝘆𝘂𝗰𝗶𝗸𝗮𝗻 𝘁𝗮𝗻𝗮𝗵 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝘁𝗲𝗿𝗸𝗲𝗻𝗮 𝗻𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗸𝗲𝗻𝗰𝗶𝗻𝗴:

وإن أتى على الأرض مطر يحيط العلم أنه يصيب موضع البول منه أكثر من الماء الذي وصفت أنه يطهره كان لها طهورا، وكذلك إن أتى عليها سيل يدوم عليها قليلا حتى تأخذ الأرض منه مثل ما كانت آخذة مما صب عليها، ولا أحسب سيلا يمر عليها إلا أخذت منه مثل أو أكثر مما كان يطهرها من ماء يصب عليها

‘‘𝘈𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘩𝘶𝘫𝘢𝘯 𝘫𝘢𝘵𝘶𝘩 𝘬𝘦 𝘣𝘶𝘮𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘬𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘪 𝘵𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘯𝘤𝘪𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘫𝘶𝘮𝘭𝘢𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨 𝘫𝘶𝘮𝘭𝘢𝘩 𝘢𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘶𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 (𝘺𝘢𝘬𝘯𝘪 𝟩𝘹 𝘫𝘶𝘮𝘭𝘢𝘩 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴) 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘴𝘶𝘤𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘶𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯. 𝘉𝘦𝘨𝘪𝘵𝘶 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘥𝘪𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢𝘱 𝘴𝘶𝘤𝘪 𝘢𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘣𝘢𝘯𝘫𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵 𝘢𝘪𝘳𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘵𝘢𝘱 (𝘮𝘦𝘯𝘨𝘨𝘦𝘯𝘢𝘯𝘨) 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘴𝘢𝘱 𝘬𝘦 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘴𝘢𝘮𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘴𝘪𝘳𝘢𝘮 𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢. 𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘯𝘫𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘦𝘸𝘢𝘵 𝘥𝘪 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢𝘱 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘳𝘢𝘱 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘫𝘶𝘮𝘭𝘢𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘢𝘮𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘶𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩.‘‘

📖 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗔𝗹-𝗚𝗵𝗼𝘇𝗮𝗹𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗔𝗹-𝗪𝗮𝗷𝗶𝘇, 𝗵𝗹𝗺. 𝟮/𝟮𝟮, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻:

قال الغزالي : يُعْذَرُ مِنْ طِيْنِ الشَّوَارِعِ فِيْمَا يَتَعَذَّرُ الإِحْتِرَازُ عَنْهُ غَالِبًا

‘‘𝘗𝘢𝘬𝘢𝘪𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘬𝘦𝘯𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘶𝘮𝘱𝘶𝘳 𝘮𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘢𝘪𝘳 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘴𝘶𝘭𝘪𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯.‘‘

📖 𝗔𝗿-𝗥𝗼𝗳𝗶’𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗸𝗶𝘁𝗮𝗯𝗻𝘆𝗮 𝗔𝗹-𝗔𝘇𝗶𝘇 𝗦𝘆𝗮𝗿𝗵𝘂𝗹 𝗪𝗮𝗷𝗶𝘇, 𝗵𝗹𝗺. 𝟮/𝟮𝟮, 𝗺𝗲𝗻𝗮𝗺𝗯𝗮𝗵 𝗽𝗲𝗻𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀𝗮𝗻 𝗔𝗹-𝗚𝗵𝗼𝘇𝗮𝗹𝗶 𝗱𝗶 𝗮𝘁𝗮𝘀 𝗱𝗲𝗺𝗶𝗸𝗶𝗮𝗻:

وَأَمَّا مَا تَسْتَيْقِنُ نَجَاسَتَهُ فَيُعْفَى عَنِ القَلِيلِ مِنْهُ. وأمَّا الكَثِيْرُ فَلاَ يُعْفَى عنهُ كَسَائِرِ النَّجَاسَاتِ

‘‘𝘑𝘪𝘬𝘢 𝘥𝘪𝘺𝘢𝘬𝘪𝘯𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘢𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵, 𝘯𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯, 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴-𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘪𝘯.‘‘

📖 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗨𝗹𝗮𝗺𝗮' 𝗺𝗮𝗱𝘇𝗵𝗮𝗯 𝗛𝗮𝗻𝗯𝗮𝗹𝗶, 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗔𝗹-𝗙𝗮𝘁𝗮𝘄𝗮 𝗔𝗹-𝗞𝘂𝗯𝗿𝗼, 𝗵𝗹𝗺. 𝟭/𝟮𝟰𝟬, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻:

وكذلك لو أصابه شيء من طين الشوارع لم يحكم بنجاسته وإن علم أن بعض طين الشوارع نجس

‘‘𝘈𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘬𝘦𝘯𝘢 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘪 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘥𝘪𝘬𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴.‘‘ 

➡ 𝘐𝘯𝘪 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘪 𝙢𝙖𝙠𝙛𝙪 (𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯) 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘯𝘨𝘬𝘪𝘯𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴.

📖 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗨𝗹𝗮𝗺𝗮' 𝗺𝗮𝗱𝘇𝗵𝗮𝗯 𝗠𝗮𝗹𝗶𝗸𝗶, 𝗔𝗹-𝗛𝗮𝘁𝘁𝗮𝗯 𝗔𝗹-𝗥𝘂𝗮𝗶𝗻𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗠𝗮𝘄𝗮𝗵𝗶𝗯 𝗔𝗹-𝗝𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗹𝗶 𝗦𝘆𝗮𝗿𝗵 𝗠𝘂𝗸𝗵𝘁𝗮𝘀𝗵𝗼𝗿 𝗔𝗹-𝗞𝗵𝗼𝗹𝗶𝗹, 𝗵𝗹𝗺. 𝟭/𝟮𝟭𝟲, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻:

لا بأس بطين المطر المستنقع في السكك والطرق يصيب الثوب أو الجسد والخف والنعل، وإن كان فيه العذرة وسائر النجاسات، وما زالت الطرق وهذا فيها، وكانوا يخوضون المطر وطينه ويصلون ولا يغسلونه, الشيخ: ما لم تكن النجاسة غالبة أو عينها قائمة, ابن بشير: يحتمل التقييد والخلاف، قال: كما لو كانت كذلك وافتقر إلى المشي فيه لم يجب غسله كثوب المرضعة، وقال الباجي: يعفى عما تطاير من نجاسة الطرق وخفيت عينه، وغلب على الظن ولم يتحقق. انتهى.

‘‘𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘱𝘢-𝘢𝘱𝘢 (𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴) 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘩𝘶𝘫𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘪 𝘣𝘢𝘫𝘶 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘣𝘢𝘥𝘢𝘯, 𝘴𝘢𝘯𝘥𝘢𝘭 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘱𝘢𝘵𝘶 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴... 𝘼𝙡-𝙎𝙮𝙖𝙞𝙠𝙝: ‘‘𝘴𝘦𝘭𝘢𝘨𝘪 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘰𝘮𝘪𝘯𝘢𝘯 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘣𝘦𝘯𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘵𝘢𝘱‘‘ ... 𝘼𝙡-𝘽𝙖𝙟𝙞 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢: ‘‘𝘋𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘢𝘴𝘢𝘭 𝘣𝘦𝘯𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘵𝘦𝘳𝘭𝘪𝘩𝘢𝘵..‘‘

2.𝗧𝗶𝗱𝗮𝗸 𝗻𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗸𝗲𝗰𝘂𝗮𝗹𝗶 𝗸𝗮𝗹𝗮𝘂 𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀 𝗮𝗱𝗮 𝗯𝗲𝗻𝗱𝗮 𝗻𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗱𝗶 𝘀𝗶𝘁𝘂

📒 𝗡𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗵 𝗱𝗶 𝗝𝗮𝗹𝗮𝗻𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗗𝗶𝗹𝗲𝘄𝗮𝘁𝗶 𝗔𝗻𝗷𝗶𝗻𝗴:

3. 𝗡𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗱𝗶 𝗷𝗮𝗹𝗮𝗻, 𝘁𝗲𝗿𝗺𝗮𝘀𝘂𝗸 𝗸𝗲𝗺𝘂𝗻𝗴𝗸𝗶𝗻𝗮𝗻 𝗻𝗮𝗷𝗶𝘀 𝗮𝗻𝗷𝗶𝗻𝗴, 𝗱𝗶𝗺𝗮𝗮𝗳𝗸𝗮𝗻.

📖 𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗸𝗶𝘁𝗮𝗯 𝗔𝗹-𝗠𝗮𝘂𝘀𝘂𝗮𝗵 𝗔𝗹-𝗙𝗶𝗾𝗵𝗶𝘆𝗮𝗵, 𝗵𝗹𝗺. 𝟯𝟬/𝟭𝟳𝟭, 𝗱𝗶𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗽𝗮𝗻𝗱𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗺𝗮𝗱𝘇𝗵𝗮𝗯 𝗦𝘆𝗮𝗳𝗶'𝗶 𝗱𝗮𝗻 𝘁𝗶𝗴𝗮 𝗺𝗮𝗱𝘇𝗵𝗮𝗯 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗹𝗮𝗶𝗻 𝘀𝗯𝗯:

: " يرى الشافعية والحنابلة : العفو عن يسير طين الشارع النجس لعسر تجنبه , قال الزركشي تعليقا على مذهب الشافعية في الموضوع : وقضية إطلاقهم العفو عنه ، ولو اختلط بنجاسة كلب أو نحوه ، وهو المتجه لا سيما في موضع يكثر فيه الكلاب ; لأن الشوارع معدن النجاسات . ومذهب الحنفية قريب من مذهب الشافعية والحنابلة إذ قالوا : إن طين الشوارع الذي فيه نجاسة عفو ، إلا إذا علم عين النجاسة , والاحتياط في الصلاة غسله . ويقول المالكية : الأحوال أربعة : الأولى والثانية : كون الطين أكثر من النجاسة أو مساويا لها تحقيقا أو ظنا : ولا إشكال في العفو فيهما , والثالثة : غلبة النجاسة على الطين تحقيقا أو ظنا , وهو معفو عنه على ظاهر المدونة , ويجب غسله على ما مشى عليه الدردير تبعا لابن أبي زيد ، والرابعة : أن تكون عينها قائمة ، وهي لا عفو فيها اتفاقا " انتهى .

‘‘𝙈𝙖𝙙𝙯𝙝𝙖𝙗 𝙎𝙮𝙖𝙛𝙞'𝙞 𝘥𝘢𝘯 𝙃𝙖𝙣𝙗𝙖𝙡𝙞 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯 (𝙢𝙖𝙠𝙛𝙪) 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘴𝘶𝘭𝘪𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳𝘪. 𝘼𝙡-𝙕𝙖𝙧𝙠𝙖𝙨𝙮𝙞 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝙈𝙖𝙙𝙯𝙝𝙖𝙗 𝙎𝙮𝙖𝙛𝙞'𝙞 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘼𝙡-𝙈𝙖𝙪𝙙𝙝𝙪‘: ‘‘𝘏𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯. 𝘞𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘤𝘢𝘮𝘱𝘶𝘳 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘢𝘯𝘫𝘪𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘪𝘯𝘯𝘺𝘢.‘‘ 𝘐𝘯𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘭𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢 𝘥𝘪 𝘵𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘢𝘯𝘫𝘪𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴. 𝙈𝙖𝙙𝙯𝙝𝙖𝙗 𝙃𝙖𝙣𝙖𝙛𝙞 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘦𝘬𝘢𝘵𝘪 𝙈𝙖𝙙𝙯𝙝𝙖𝙗 𝙎𝙮𝙖𝙛𝙞'𝙞 𝘥𝘢𝘯 𝙃𝙖𝙣𝙗𝙖𝙡𝙞 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵: ‘‘𝘛𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘬𝘢𝘭𝘢𝘶 𝘥𝘪𝘬𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪 𝘢𝘥𝘢 𝘣𝘦𝘯𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢. 𝘕𝘢𝘮𝘶𝘯, 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘪𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘢𝘴𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘱𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘢𝘵.‘‘ 𝙈𝙖𝙙𝙯𝙝𝙖𝙗 𝙈𝙖𝙡𝙞𝙠𝙞 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘢𝘥𝘢 𝟦 𝘬𝘦𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘴𝘰𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪. 𝘗𝘦𝘳𝘵𝘢𝘮𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢, 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘴𝘢𝘮𝘢 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘬𝘪𝘳𝘢-𝘬𝘪𝘳𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘢𝘴𝘶𝘴 𝘪𝘯𝘪 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯. 𝘒𝘦𝘵𝘪𝘨𝘢, 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘥𝘰𝘮𝘪𝘯𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘵𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘱𝘳𝘢𝘥𝘶𝘨𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘳𝘶𝘵 𝘼𝙡-𝙈𝙪𝙙𝙖𝙬𝙬𝙖𝙣𝙖𝙝, 𝘯𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘴𝘶𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘳𝘶𝘵𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘪𝘵𝘢𝘣 𝘿𝙖𝙧𝙙𝙞𝙧 𝘼𝙗𝙪 𝙕𝙖𝙞𝙙. 𝘒𝘦𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵, 𝘣𝘦𝘯𝘥𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴 𝘬𝘦𝘭𝘪𝘩𝘢𝘵𝘢𝘯, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘯𝘢𝘫𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘢𝘧𝘬𝘢𝘯.‘‘ Semoga bermanfaat