ألسـلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
𝗥a𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹a𝗵 𝘀𝗵a𝗹𝗹𝗮𝗹𝗹a𝗵𝘂 '𝗮𝗹𝗮𝗶𝗵𝗶 𝘄𝗮𝘀𝗮𝗹𝗹𝗮𝗺𝗮, 𝗯𝗲𝗿𝘀𝗮𝗯𝗱𝗮:
مَااَصَابَنَا مِنْ دُنْيَاكُمْ هذِهِ اِلا النساء
“𝙏𝙞𝙖𝙙𝙖 𝙖𝙣𝙪𝙜𝙚𝙧𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙙𝙪𝙣𝙞𝙖 𝙞𝙣𝙞 (𝙢𝙚𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝𝙞) 𝙬𝙖𝙣𝙞𝙩𝙖 (𝙨𝙝𝙤𝙡𝙞𝙝𝙖𝙝).”
Ungkapan tersebut merupakan salah satu Sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallama, yang diriwayatkan oleh 𝙄𝙢𝙖𝙢 𝙉𝙖𝙨𝙖’𝙞. Tentu hal tersebut benar adanya, wanita sholihah merupakan bagian terbaik dari gemerlapnya dunia yang Alloh Ta'ala, anugerahkan untuk hambanya.
𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗵𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝗹𝗮𝗶𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗶𝗿𝗶𝘄𝗮𝘆𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗼𝗹𝗲𝗵 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹𝗹𝗼𝗵 𝗯𝗶𝗻 ‘𝗔𝗺𝗿 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮𝘀𝗮𝗻𝘆𝗮, 𝗥𝗼𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹𝗼𝗵 𝘀𝗵𝗼𝗹𝗹𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 '𝗮𝗹𝗮𝗶𝗵𝗶 𝘄𝗮𝘀𝗮𝗹𝗹𝗮𝗺𝗮, 𝗯𝗲𝗿𝘀𝗮𝗯𝗱𝗮:
الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ “
“𝘿𝙪𝙣𝙞𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙝𝙖𝙧𝙩𝙖, 𝙙𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙗𝙖𝙞𝙠-𝙗𝙖𝙞𝙠𝙣𝙮𝙖 𝙝𝙖𝙧𝙩𝙖 𝙙𝙪𝙣𝙞𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙬𝙖𝙣𝙞𝙩𝙖 𝙨𝙝𝙤𝙡𝙞𝙝𝙖𝙝.” (𝙃𝙍. 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢)
Berbicara tentang wanita shalihah, tentu ada kriteria tertentu sehingga seorang wanita pantas dan layak untuk menyandang predikat tersebut.
𝗔𝗽𝗮𝗸𝗮𝗵 𝗶𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗺𝗲𝗻𝗴𝗵𝗮𝗯𝗶𝘀𝗸𝗮𝗻 𝘄𝗮𝗸𝘁𝘂𝗻𝘆𝗮 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗶𝗯𝗮𝗱𝗮𝗵
𝗔𝘁𝗮𝘂 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗿𝗮𝗽𝗮𝘁𝗻𝘆𝗮 𝗺𝗲𝗻𝘂𝘁𝘂𝗽 𝗮𝘂𝗿𝗼𝘁
𝗔𝘁𝗮𝘂 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗯𝗲𝗿𝘀𝗶𝗸𝗮𝗽 𝗹𝗲𝗺𝗮𝗵 𝗹𝗲𝗺𝗯𝘂𝘁, 𝘀𝗼𝗽𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝘀𝗮𝗻𝘁𝘂𝗻 𝗽𝗮𝗱𝗮 𝘀𝗲𝘁𝗶𝗮𝗽 𝗼𝗿𝗮𝗻𝗴
𝗔𝘁𝗮𝘂 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗺𝗲𝗻𝗷𝗮𝗴𝗮 𝗵𝗮𝘁𝗶𝗻𝘆𝗮 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗯𝗮𝗶𝗸
Beberapa waktu yang lalu, hal ini sempat menjadi perbincangan panjang yang banyak melibatkan responden, yang mereka ributkan mana yang lebih dianggap benar antara wanita yang berhijab dengan sesuai aturan syari’at atau wanita yang menjaga hatinya dari setiap penyakit hati, berikut penjelasannya.
𝗪𝗮𝗻𝗶𝘁𝗮 𝗱𝗮𝗻 𝗛𝗶𝗷𝗮𝗯
𝗛𝗶𝗷𝗮𝗯 𝘀𝗲𝗰𝗮𝗿𝗮 𝗱𝗲𝗳𝗶𝗻𝗶𝘁𝗶𝗳 𝗮𝗱𝗮𝗹𝗮𝗵:
𝘚𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘢𝘭𝘢𝘯𝘨𝘪 𝘱𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢 𝘵𝘢𝘣𝘪𝘳, 𝘥𝘪𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘱𝘢𝘬𝘢𝘪𝘢𝘯.
𝗛𝗶𝗷𝗮𝗯 𝗺𝗲𝗿𝘂𝗽𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗸𝗲𝘄𝗮𝗷𝗶𝗯𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗺𝘂𝗹𝗮𝗶 𝗱𝗶𝘀𝘆𝗮𝗿𝗶'𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝘀𝗲𝗷𝗮𝗸 𝗯𝘂𝗹𝗮𝗻 𝗗𝘇𝘂𝗹𝗾𝗼’𝗱𝗮𝗵 𝗱𝗶 𝘁𝗮𝗵𝘂𝗻 𝗸𝗲𝗹𝗶𝗺𝗮 𝗛𝗶𝗷𝗿𝗶𝗮𝗵, 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘁𝘂𝗿𝘂𝗻𝗻𝘆𝗮 𝗮𝘆𝗮𝘁:
وَإِذا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتاعاً فَسْئَلُوهُنَّ مِنْ وَراءِ حِجابٍ ذلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ
“𝘼𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙚𝙣𝙜𝙠𝙖𝙪 𝙢𝙚𝙢𝙞𝙣𝙩𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 (𝙠𝙚𝙥𝙚𝙧𝙡𝙪𝙖𝙣) 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 (𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞-𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞 𝙍𝙤𝙨𝙪𝙡𝙪𝙡𝙡𝙤𝙝) 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙢𝙞𝙣𝙩𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙗𝙚𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙖𝙗𝙞𝙧. 𝘾𝙖𝙧𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙨𝙪𝙘𝙞 𝙗𝙖𝙜𝙞 𝙝𝙖𝙩𝙞𝙢𝙪 𝙙𝙖𝙣 𝙝𝙖𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖.”(𝙌𝙎. 𝘼𝙡 𝘼𝙝𝙯𝙖𝙗 : 𝟱𝟯).
Ayat ini diturunkan sebagai jawaban atas saran 𝙎𝙖𝙝𝙖𝙗𝙖𝙩 𝙐𝙢𝙖𝙧 𝘳𝘰𝘥𝘭𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘯𝘩𝘶, kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama, yang merupakan salah satu 𝙢𝙪𝙬𝙖𝙛𝙖𝙦𝙤𝙤𝙩 𝙖𝙡 𝙬𝙖𝙝𝙮𝙪 (kesesuaian wahyu dengan pendapat 𝙎𝙖𝙝𝙖𝙗𝙖𝙩 𝙐𝙢𝙖𝙧 𝘳𝘰𝘥𝘭𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘯𝘩𝘶).
𝗗𝗶𝗿𝗶𝘄𝗮𝘆𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗼𝗹𝗲𝗵 𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗕𝘂𝗸𝗵𝗼𝗿𝗶, 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮𝘀𝗮𝗻𝘆𝗮 𝗦𝗮𝗵𝗮𝗯𝗮𝘁 𝗔𝗻𝗮𝘀 𝗿𝗼𝗱𝗹𝗶𝘆𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 '𝗮𝗻𝗵𝘂, 𝗺𝗲𝗻𝗰𝗲𝗿𝗶𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻, 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮 𝗦𝗮𝘆𝘆𝗶𝗱𝗶𝗻𝗮 𝗨𝗺𝗮𝗿 𝗿𝗼𝗱𝗹𝗶𝘆𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 '𝗮𝗻𝗵𝘂, 𝗽𝗲𝗿𝗻𝗮𝗵 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮 𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗥a𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹a𝗵 𝘀𝗵a𝗹𝗹𝗮𝗹𝗹a𝗵𝘂 '𝗮𝗹𝗮𝗶𝗵𝗶 𝘄𝗮𝘀𝗮𝗹𝗹𝗮𝗺𝗮:
”𝘠𝘢 𝘙a𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭a𝘩, 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘮𝘶 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘯𝘪𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘳𝘶𝘬 𝘢𝘭𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘪𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘦𝘯𝘨𝘬𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝙐𝙢𝙢𝙖𝙝𝙖𝙩𝙪𝙡 𝙈𝙪’𝙢𝙞𝙣𝙞𝙣 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘩𝘪𝘫𝘢𝘣.”
Lalu turunlah ayat diatas yang berisi perintah mengenakan hijab khusus untuk istri-istri Rasululloh shollallohu 'alaihi wasallama, namun hukumnya disyari'atkan untuk seluruh 𝙬𝙖𝙣𝙞𝙩𝙖 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝 untuk menjaga kesucian mereka.
Oleh karenanya, sudah menjadi keharusan bagi setiap 𝙬𝙖𝙣𝙞𝙩𝙖 𝙈𝙪’𝙢𝙞𝙣𝙖𝙝 untuk menutup aurotnya dengan mengenakan hijab, sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Alloh Ta'ala, kepada 𝙐𝙢𝙢𝙖𝙝𝙖𝙩𝙪𝙡 𝙈𝙪’𝙢𝙞𝙣𝙞𝙣. Dengan demikian, hijab juga merupakan identitas 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝 bagi kaum hawa, sehingga dapat menjadi pembeda yang tegas, antara 𝙬𝙖𝙣𝙞𝙩𝙖 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝 dan wanita lainnya.
Selain mematuhi kewajiban yang telah ditetapkan oleh syari’at, menutup aurot dengan berhijab merupakan pelindung bagi setiap wanita yang mengenakannya, karena dengan berhijab maka seorang wanita akan terselamatkan dari pandangan setiap mata yang melihatnya, dan setiap yang memandangnya akan cenderung dengan pandangan hormat dan segan, dibandingkan dengan memandang pada wanita yang tidak mengenakan hijab.
𝗛𝗮𝗹 𝗶𝗻𝗶 𝘀𝗮𝗻𝗴𝗮𝘁 𝘀𝗲𝘀𝘂𝗮𝗶 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗮𝗽𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝘁𝗲𝗹𝗮𝗵 𝗔𝗹𝗹a𝗵 𝗧𝗮'𝗮𝗹𝗮, 𝗳𝗶𝗿𝗺𝗮𝗻𝗸𝗮𝗻 𝗽𝗮𝗱𝗮 𝘀𝘂𝗿𝗮𝘁 𝗔𝗹 𝗔𝗵𝘇𝗮𝗯 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝟱𝟵:
يا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْواجِكَ وَبَناتِكَ وَنِساءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذلِكَ أَدْنى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكانَ اللَّهُ غَفُوراً رَحِيما
“𝙒𝙖𝙝𝙖𝙞 𝙉𝙖𝙗𝙞, 𝙆𝙖𝙩𝙖𝙠𝙖𝙣𝙡𝙖𝙝 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞-𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞𝙢𝙪, 𝙖𝙣𝙖𝙠-𝙖𝙣𝙖𝙠 𝙥𝙚𝙧𝙚𝙢𝙥𝙪𝙖𝙣𝙢𝙪 𝙙𝙖𝙣 𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞-𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙢𝙪𝙠𝙢𝙞𝙣, “𝙃𝙚𝙣𝙙𝙖𝙠𝙡𝙖𝙝 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙪𝙩𝙪𝙥𝙠𝙖𝙣 𝙟𝙞𝙡𝙗𝙖𝙗𝙣𝙮𝙖 𝙠𝙚 𝙨𝙚𝙡𝙪𝙧𝙪𝙝 𝙩𝙪𝙗𝙪𝙝 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖.” 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙢𝙪𝙙𝙖𝙝 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙙𝙞𝙠𝙚𝙣𝙖𝙡𝙞, 𝙨𝙚𝙝𝙞𝙣𝙜𝙜𝙖 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙙𝙞𝙜𝙖𝙣𝙜𝙜𝙪. 𝘿𝙖𝙣 𝘼𝙡𝙡𝙤𝙝 𝙈𝙖𝙝𝙖 𝙋𝙚𝙣𝙜𝙖𝙢𝙥𝙪𝙣, 𝙈𝙖𝙝𝙖 𝙋𝙚𝙣𝙮𝙖𝙮𝙖𝙣𝙜.”
Tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, wanita yang mengenakan hijab juga telah menyelamatkan setiap orang yang melihatnya, karena dengan menutup aurotnya maka setiap orang yang melihatnya terselamatkan dari maksiat mata, yang merupakan sebab utama dari kemaksiatan lain.
𝗦𝗲𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶𝗺𝗮𝗻𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝗶𝘀𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗼𝗹𝗲𝗵 𝘀𝗲𝗯𝘂𝗮𝗵 𝘀𝘆𝗮𝗶𝗿:
كل الحوادث مبدؤها النظر ❖ ومعظم النار من مستغر الشرر
“𝘚𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘬𝘦𝘫𝘢𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘸𝘢𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯, ❖ 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘫𝘦𝘳𝘶𝘮𝘶𝘴 𝘬𝘦 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘸𝘢𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘬𝘦𝘤𝘪𝘭.”
𝗜𝗯𝗻𝘂 𝗔𝗯𝗯𝗮𝘀 𝗿𝗼𝗱𝗹𝗶𝘆𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 '𝗮𝗻𝗵𝘂𝗺𝗮, 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮:
‘‘𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘱 𝘴𝘺𝘦𝘵𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘦𝘮𝘱𝘶𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘵𝘪𝘨𝘢 𝘩𝘢𝘭, 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘱𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯, 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘭𝘶𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘭𝘦𝘮𝘢𝘩𝘢𝘯𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘦𝘮𝘱𝘶𝘢𝘯.‘‘
𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝗴𝗮 𝗛𝗮𝘁𝗶
𝗗𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘀𝗮𝗻𝗴𝗮𝘁 𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀 𝗮𝗹-𝗤𝘂𝗿’𝗮𝗻 𝗺𝗲𝗻𝗲𝗴𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻:
𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢𝘴𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘯𝘨𝘬𝘪𝘵𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘮𝘣𝘢𝘭𝘪 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘨𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘢𝘬, 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘪𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢.
𝗦𝗲𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶𝗺𝗮𝗻𝗮 𝘁𝗲𝗿𝗮𝗯𝗮𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝘀𝘂𝗿𝗮𝘁 𝗔𝘀𝘆-𝗦𝘆𝘂’𝗮𝗿𝗼 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝟴𝟴 𝗱𝗮𝗻 𝟴𝟵:
يَوْمَ لا يَنْفَعُ مالٌ وَلا بَنُونَ إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ
“(𝙔𝙖𝙞𝙩𝙪) 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙝𝙖𝙧𝙞 𝙝𝙖𝙧𝙩𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙖𝙣𝙖𝙠-𝙖𝙣𝙖𝙠 𝙡𝙖𝙠𝙞-𝙡𝙖𝙠𝙞 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙚𝙧𝙜𝙪𝙣𝙖, 𝙠𝙚𝙘𝙪𝙖𝙡𝙞 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜-𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙖𝙙𝙖𝙥 𝘼𝙡𝙡a𝙝 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙝𝙖𝙩𝙞 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙞𝙝.”
𝗜𝗯𝗻𝘂 𝗞𝗮𝘁𝘀𝗶𝗿 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗺𝗲𝗻𝗷𝗲𝗹𝗮𝘀𝗸𝗮𝗻 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝗶𝗻𝗶 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮:
“(𝘠𝘢𝘪𝘵𝘶) 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘢𝘬-𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘨𝘶𝘯𝘢 𝘢𝘳𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢, 𝘩𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘨𝘢 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘻𝘢𝘣 𝘈𝘭𝘭a𝘩, 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘥𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘣𝘶𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘦𝘮𝘢𝘴 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘢𝘴 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘯𝘶𝘩 𝘣𝘶𝘮𝘪. 𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘱𝘶𝘭𝘢 𝘢𝘯𝘢𝘬-𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘳𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘻𝘢𝘣 𝘈𝘭𝘭a𝘩, 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘥𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘣𝘶𝘴 𝘥𝘪𝘳𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢. 𝘠𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘪𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭a𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘶𝘳𝘯𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬-𝘕𝘺𝘢, 𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘭𝘦𝘱𝘢𝘴 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘴𝘺𝘪𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘱𝘦𝘭𝘢𝘬𝘶𝘯𝘺𝘢. 𝘖𝘭𝘦𝘩 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘪𝘵𝘶, 𝘈𝘭𝘭𝘰𝘩 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘧𝘪𝘳𝘮𝘢𝘯, ‘‘𝙠𝙚𝙘𝙪𝙖𝙡𝙞 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜-𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙖𝙙𝙖𝙥 𝘼𝙡𝙡a𝙝 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙝𝙖𝙩𝙞 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙞𝙝.‘‘ 𝘠𝘢𝘪𝘵𝘶, 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘴𝘺𝘪𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘰𝘵𝘰𝘳𝘢𝘯-𝘬𝘰𝘵𝘰𝘳𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪.”
Maka menjadi jelas, setiap manusia Allah perintahkan untuk menjaga hatinya, karena hanya hati yang bersih yang dapat menyelamatkan manusia pada hari akhir.
𝗜𝗺𝗮𝗺 𝗮𝘀𝘆-𝗦𝘆𝗮𝘂𝗸𝗮𝗻𝗶 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮:
“𝘏𝘢𝘳𝘵𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘳𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘪𝘢𝘮𝘢𝘵. 𝘠𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵. 𝘋𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝙈𝙪’𝙢𝙞𝙣 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘫𝘢𝘵𝘪.”
𝗗𝗶𝗿𝗶𝘄𝗮𝘆𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹𝗹𝗼𝗵 𝗯𝗶𝗻 ‘𝗔𝗺𝗿 𝗯𝗶𝗻 ‘𝗔𝘀𝗵, 𝗯𝗲𝗿𝗸𝗮𝘁𝗮:
“𝘙a𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭a𝘩 𝘴𝘩a𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭a𝘩𝘶 ‘𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘱𝘦𝘳𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢, ‘‘𝘚𝘪𝘢𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢?‘‘ 𝘉𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣, ‘‘𝙎𝙚𝙩𝙞𝙖𝙥 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙞𝙝 𝙝𝙖𝙩𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙗𝙚𝙣𝙖𝙧 𝙪𝙘𝙖𝙥𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖.‘‘ 𝘗𝘢𝘳𝘢 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢, ‘‘𝘖𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘯𝘢𝘳 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘱𝘢𝘩𝘢𝘮𝘪 𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥𝘯𝘺𝘢. 𝘓𝘢𝘯𝘵𝘢𝘴 𝘢𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘪𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢?‘‘ 𝘙a𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭a𝘩 𝘴𝘩a𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭a𝘩𝘶 ‘𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣, ‘‘𝘿𝙞𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙩𝙖𝙠𝙬𝙖 (𝙩𝙖𝙠𝙪𝙩) 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝘼𝙡𝙡a𝙝, 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙨𝙪𝙘𝙞 𝙝𝙖𝙩𝙞𝙣𝙮𝙖, 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙖𝙙𝙖 𝙙𝙤𝙨𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙙𝙪𝙧𝙝𝙖𝙠𝙖𝙖𝙣 𝙙𝙞 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢𝙣𝙮𝙖 𝙨𝙚𝙧𝙩𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙖𝙙𝙖 𝙥𝙪𝙡𝙖 𝙙𝙚𝙣𝙙𝙖𝙢 𝙙𝙖𝙣 𝙝𝙖𝙨𝙖𝙙.”
𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗵𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝘁𝗲𝗿𝘀𝗲𝗯𝘂𝘁 𝗥a𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹a𝗵 𝘀𝗵a𝗹𝗹𝗮𝗹𝗹a𝗵𝘂 '𝗮𝗹𝗮𝗶𝗵𝗶 𝘄𝗮𝘀𝗮𝗹𝗹𝗮𝗺𝗮, 𝗺𝗲𝗻𝘆𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶𝗸𝗮𝗻, 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮:
𝘔𝘦𝘯𝘫𝘢𝘨𝘢 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘭𝘪𝘬𝘪𝘯𝘺𝘢.
𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗵𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝗹𝗮𝗶𝗻, 𝗱𝗶𝗿𝗶𝘄𝗮𝘆𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗼𝗹𝗲𝗵 𝗻𝘂’𝗺𝗮𝗻 𝗯𝗶𝗻 𝗯𝗮𝘀𝘆𝗶𝗿, 𝗯𝗲𝗹𝗶𝗮𝘂 𝗽𝗲𝗿𝗻𝗮𝗵 𝗺𝗲𝗻𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗿 𝗥a𝘀𝘂𝗹𝘂𝗹𝗹a𝗵 𝘀𝗵a𝗹𝗹𝗮𝗹𝗹a𝗵𝘂 '𝗮𝗹𝗮𝗶𝗵𝗶 𝘄𝗮𝘀𝗮𝗹𝗹𝗮𝗺𝗮, 𝗯𝗲𝗿𝘀𝗮𝗯𝗱𝗮:
أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ
“𝙆𝙚𝙩𝙖𝙝𝙪𝙞𝙡𝙖𝙝 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙣𝙜𝙜𝙪𝙝𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙞 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙟𝙖𝙨𝙖𝙙 𝙞𝙩𝙪 𝙖𝙙𝙖 𝙨𝙚𝙜𝙪𝙢𝙥𝙖𝙡 𝙙𝙖𝙧𝙖𝙝. 𝘼𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙙𝙞𝙖 𝙗𝙖𝙞𝙠, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙞𝙠 𝙥𝙪𝙡𝙖 𝙨𝙚𝙢𝙪𝙖 𝙖𝙣𝙜𝙜𝙤𝙩𝙖 𝙩𝙪𝙗𝙪𝙝𝙣𝙮𝙖. 𝘿𝙖𝙣 𝙖𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙧𝙪𝙨𝙖𝙠, 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙧𝙪𝙨𝙖𝙠 𝙥𝙪𝙡𝙖 𝙨𝙚𝙢𝙪𝙖 𝙖𝙣𝙜𝙜𝙤𝙩𝙖 𝙩𝙪𝙗𝙪𝙝𝙣𝙮𝙖. 𝙆𝙚𝙩𝙖𝙝𝙪𝙞𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙞𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙝𝙖𝙩𝙞”.
Sekali lagi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallama, menyampaikan tentang keutamaan menjaga hati, kebaikan yang ada pada seluruh jasad setiap manusia tergantung pada seberapa baik hatinya, maka secara tersirat Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallama, menganjurkan pada setiap umatnya untuk memperbaiki hatinya.
𝗔𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗛𝗶𝗷𝗮𝗯 𝗗𝗮𝗻 𝗛𝗮𝘁𝗶
Setelah mengetahui kewajiban menutup aurot bagi setiap wanita muslim dengan mengenakan hijab, dan juga tentang anjuran dan keutamaan menjaga hati serta selalu memperbaikinya.
𝗟𝗮𝗻𝘁𝗮𝘀 𝗺𝗮𝗻𝗮𝗸𝗮𝗵 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗹𝗲𝗯𝗶𝗵 𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮 𝗮𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗸𝗲𝗱𝘂𝗮𝗻𝘆𝗮
Karena pada realitanya, tidak sedikit dari kalangan 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝 yang beralasan tidak berhijab, karena ingin terlebih dahulu memperbaiki hati, atau sebagian lain yang tidak berhijab justru berkata, “𝙥𝙚𝙧𝙘𝙪𝙢𝙖 𝙡𝙪𝙖𝙧𝙣𝙮𝙖 𝙗𝙚𝙧𝙝𝙞𝙟𝙖𝙗, 𝙠𝙖𝙡𝙖𝙪 𝙝𝙖𝙩𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠.”
𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗺𝗮𝘀𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗶𝗻𝗶, 𝘀𝗲𝗯𝗲𝗻𝗮𝗿𝗻𝘆𝗮 𝘁𝗶𝗱𝗮𝗸 𝗮𝗱𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗹𝗲𝗯𝗶𝗵 𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮 𝗮𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗸𝗲𝗱𝘂𝗮𝗻𝘆𝗮, 𝗸𝗮𝗿𝗲𝗻𝗮:
𝘒𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘭𝘢𝘺𝘢𝘬 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘨𝘪 𝘬𝘦𝘶𝘵𝘢𝘮𝘢𝘢𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢, 𝘬𝘪𝘵𝘢 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘴𝘢𝘮𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪, 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘵𝘶𝘱 𝘢𝘶𝘳𝘰𝘵 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘮𝘣𝘢𝘳𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘴𝘦𝘬𝘦𝘥𝘢𝘳 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘵𝘶𝘱𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘶𝘴 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘳𝘶𝘴 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘭𝘪𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘴𝘢, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘵𝘢𝘢𝘵 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩 𝘈𝘭𝘭a𝘩.
𝘚𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘨𝘢 𝘩𝘢𝘵𝘪, 𝘴𝘢𝘯𝘨𝘢𝘵 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘵𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘱𝘢𝘱𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪 𝘢𝘵𝘢𝘴, 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘪𝘣𝘢𝘳𝘢𝘵 𝘳𝘢𝘫𝘢 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩. 𝘈𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘬𝘴𝘢𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘢𝘳𝘢𝘩𝘢𝘯-𝘢𝘳𝘢𝘩𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪.
𝘈𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘬𝘴𝘢𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘴𝘢𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘵𝘶𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘪𝘯𝘨𝘪𝘯𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪. 𝘑𝘢𝘥𝘪, 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘯𝘢𝘯𝘨𝘨𝘶𝘯𝘨 𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘮𝘶𝘵𝘭𝘢𝘬 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘢𝘥𝘢𝘱 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘦𝘮𝘪𝘮𝘱𝘪𝘯 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘱𝘪𝘮𝘱𝘪𝘯𝘯𝘺𝘢.
𝘑𝘪𝘬𝘢 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘶𝘱𝘢𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪 𝘱𝘦𝘳𝘩𝘢𝘵𝘪𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘢𝘥𝘢𝘱 𝘩𝘢𝘭-𝘩𝘢𝘭 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘩𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘴𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘱𝘢𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘵𝘪𝘯𝘨, 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘩𝘢𝘵𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵-𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘶𝘴𝘢𝘩𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘰𝘣𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳.
𝘚𝘦𝘢𝘯𝘥𝘢𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘶𝘴 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘬𝘴𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘵𝘢𝘳𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘮𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘣𝘶𝘢𝘩 𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘩𝘶𝘭𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘵𝘶𝘱 𝘢𝘶𝘳𝘰𝘵 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘩𝘪𝘫𝘢𝘣, ‘‘𝙢𝙚𝙣𝙜𝙖𝙥𝙖 𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣‘‘, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘱𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘣𝘢𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘥𝘩𝘰𝘩𝘪𝘳, 𝘴𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘣𝘢𝘵𝘩𝘪𝘯, 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘮𝘶𝘯𝘨𝘬𝘪𝘯𝘬𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘣𝘢𝘪𝘬𝘪 𝘬𝘦𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘵𝘩𝘪𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘣𝘢𝘪𝘬𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘩𝘰𝘩𝘪𝘳 𝘴𝘢𝘫𝘢 𝘪𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶.
𝗛𝗮𝗹 𝗶𝗻𝗶 𝗷𝘂𝗴𝗮 𝘀𝗲𝘀𝘂𝗮𝗶 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝗽𝗮𝗱𝗮 𝘀𝘂𝗿𝗮𝘁 𝗮𝗹-𝗔𝗵𝘇𝗮𝗯 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝟱𝟯:
وَإِذا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتاعاً فَسْئَلُوهُنَّ مِنْ وَراءِ حِجابٍ ذلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ
‘‘𝘼𝙥𝙖𝙗𝙞𝙡𝙖 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝙢𝙚𝙢𝙞𝙣𝙩𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪 (𝙠𝙚𝙥𝙚𝙧𝙡𝙪𝙖𝙣) 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 (𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞-𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞 𝙉𝙖𝙗𝙞), 𝙢𝙞𝙣𝙩𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙗𝙚𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙖𝙗𝙞𝙧. (𝘾𝙖𝙧𝙖) 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙨𝙪𝙘𝙞 𝙗𝙖𝙜𝙞 𝙝𝙖𝙩𝙞𝙢𝙪 𝙙𝙖𝙣 𝙝𝙖𝙩𝙞 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖. 𝙆𝙖𝙢𝙪 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙤𝙡𝙚𝙝 𝙢𝙚𝙣𝙮𝙖𝙠𝙞𝙩𝙞 (𝙝𝙖𝙩𝙞) 𝙍a𝙨𝙪𝙡𝙪𝙡𝙡a𝙝 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙤𝙡𝙚𝙝 (𝙥𝙪𝙡𝙖) 𝙢𝙚𝙣𝙞𝙠𝙖𝙝𝙞 𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞-𝙞𝙨𝙩𝙧𝙞𝙣𝙮𝙖 𝙨𝙚𝙡𝙖𝙢𝙖-𝙡𝙖𝙢𝙖𝙣𝙮𝙖 𝙨𝙚𝙩𝙚𝙡𝙖𝙝 𝙉𝙖𝙗𝙞 (𝙬𝙖𝙛𝙖𝙩). 𝙎𝙚𝙨𝙪𝙣𝙜𝙜𝙪𝙝𝙣𝙮𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙚𝙢𝙞𝙠𝙞𝙖𝙣 𝙞𝙩𝙪 𝙨𝙖𝙣𝙜𝙖𝙩 𝙗𝙚𝙨𝙖𝙧 (𝙙𝙤𝙨𝙖𝙣𝙮𝙖) 𝙙𝙞 𝙨𝙞𝙨𝙞 𝘼𝙡𝙡a𝙝.‘‘
𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗮𝘆𝗮𝘁 𝘁𝗲𝗿𝘀𝗲𝗯𝘂𝘁 𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗺𝗲𝗺𝗯𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗸𝗲𝘀𝗶𝗺𝗽𝘂𝗹𝗮𝗻 𝗯𝗮𝗵𝘄𝗮:
𝘋𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘨𝘢 𝘢𝘶𝘳𝘰𝘵 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘴𝘶𝘤𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘬𝘦𝘳𝘢𝘨𝘶𝘢𝘯, 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘴𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘢𝘩𝘭𝘪 𝘵𝘢𝘧𝘴𝘪𝘳.
𝘏𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪 𝘱𝘶𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘮𝘱𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘴𝘪𝘮𝘱𝘶𝘭𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘸𝘢𝘯𝘪𝘵𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘩𝘪𝘫𝘢𝘣 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘱𝘢𝘴𝘵𝘪 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘪𝘬, 𝘢𝘵𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘱𝘢𝘴𝘵𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘩𝘪𝘫𝘢𝘣, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘢 𝘬𝘦𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘴𝘵𝘪.
𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘭𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘪𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘪𝘢𝘱 𝘸𝘢𝘯𝘪𝘵𝘢 𝙈𝙪𝙨𝙡𝙞𝙢𝙖𝙝 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘴𝘦𝘯𝘢𝘯𝘵𝘪𝘢𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘵𝘶𝘱 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘥𝘻𝘰𝘩𝘪𝘳𝘯𝘺𝘢, 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘨𝘢 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘶𝘯𝘨𝘬𝘪𝘯, 𝘴𝘦𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘭𝘢𝘺𝘢𝘬 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘯𝘥𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘪𝘬-𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘩𝘪𝘢𝘴𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘯𝘪𝘢 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘸𝘢𝘯𝘪𝘵𝘢 𝘴𝘩a𝘭𝘪𝘩𝘢𝘩.
𝗠𝘂𝗻𝗴𝗸𝗶𝗻𝗸𝗮𝗵 𝘀𝗲𝘀𝗲𝗼𝗿𝗮𝗻𝗴 𝗺𝗮𝗺𝗽𝘂 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗺𝗲𝗺𝗽𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸𝗶 𝗸𝗲𝗮𝗱𝗮𝗮𝗻 𝗯𝗮𝘁𝗶𝗻 𝗷𝗶𝗸𝗮 𝗺𝗲𝗺𝗽𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸𝗶 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗱𝘇𝗼𝗵𝗶𝗿 𝘀𝗮𝗷𝗮 𝗶𝗮 𝘁𝗶𝗱𝗮𝗸 𝗺𝗮𝗺𝗽𝘂
Semoga bermanfaat.
وَاللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّ
اَللّٰهُــمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِِ