DALIL BERQURBAN



❖ السلام عليكم ورحمة اللـــہ وبركاتـہ ❖

❖ ﺑﺴــــــــــــــــــﻢِ اللـــہﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ❖

📖 𝗞𝗮𝗷𝗶𝗮𝗻 𝗸𝗶𝘁𝗮𝗯 𝗙𝗮𝘁𝗵𝘂𝗹 𝗤𝗼𝗿𝗶𝗯 (𝗛𝗮𝘀𝘆𝗶𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗷𝘂𝗿𝗶)

(فصل في أحكام الاضحية) أى ككونها سنة مؤكدة كما سيأتي في قوله والاضحية سنة مؤكدة 

‘‘𝘐𝘯𝘪 𝘧𝘢𝘴𝘢𝘭 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘨𝘢𝘭𝘢 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮-𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 : 𝘚𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 𝘪𝘵𝘶 𝙎𝙪𝙣𝙣𝙖𝙝 𝙈𝙪𝙖𝙠𝙠𝙖𝙙 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘦𝘱𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢𝘢𝘯  𝘮𝘶𝘴𝘩𝘰𝘯𝘯𝘪𝘧 (𝘼𝙗𝙪 𝙎𝙮𝙪𝙟𝙖‘):

(والاضحية سنة مؤكدة)

(𝘋𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘶𝘭𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝙎𝙪𝙣𝙣𝙖𝙝 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘬𝘶𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯/𝙈𝙪𝙖𝙠𝙠𝙖𝙙)

وهي مشتقة من الضحوة سميت باسم مشتق مما اشتق منه اسم أول وقتها و هو الضحى 

𝘓𝘢𝘧𝘢𝘥𝘻 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 (الاُضْحِيَة) 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪 𝘢𝘮𝘣𝘪𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘭𝘢𝘧𝘢𝘥𝘩 𝘼𝙙𝙝𝙤𝙝𝙬𝙖𝙝 (اَلضَّحْوَة).

➡ 𝘼𝙙𝙝𝙤𝙝𝙬𝙖𝙝 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘯𝘢𝘮𝘢 𝘢𝘸𝘢𝘭 𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶 𝘥𝘩𝘶𝘩𝘢

➡ 𝘚𝘦𝘥𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘯𝘢𝘮𝘢 𝘩𝘦𝘸𝘢𝘯 𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 

➡ 𝘉𝘪𝘴𝘢 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘧𝘢𝘥𝘻 𝙐𝙙𝙝𝙞𝙮𝙮𝙖𝙝 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪 𝘢𝘮𝘣𝘪𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘯𝘢𝘮𝘢 𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘦𝘮𝘣𝘦𝘭𝘪𝘩𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘸𝘢𝘭 𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶 𝘥𝘩𝘶𝘩𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘥𝘪𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘼𝙙𝙝𝙤𝙝𝙬𝙖𝙝 (اَلضَّحْوَة).‘‘


📓 𝗗𝗔𝗟𝗜𝗟 𝗕𝗘𝗥𝗤𝗨𝗥𝗕𝗔𝗡 :

والأصل فيها قوله تعالى فصل لربك وانحر أى صل صلاة العيد و انحر الاضحية بناء على أشهر الأقوال أن المراد بالصلاة صلاة العيد بالنحر ذبح الاضحية

1️⃣ 𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 𝗱𝗶 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗺𝗮𝘀𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗤𝘂𝗿𝗯𝗮𝗻 𝗮𝗱𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗳𝗶𝗿𝗺𝗮𝗻 𝗔𝗹𝗹𝗼𝗵 𝗧𝗮‘𝗮𝗹𝗮:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَر

‘‘𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙨𝙝𝙤𝙡𝙖𝙩𝙡𝙖𝙝 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙏𝙪𝙝𝙖𝙣𝙢𝙪 𝙙𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙢𝙗𝙚𝙡𝙞𝙝𝙡𝙖𝙝.‘‘

📝 𝗠𝗮𝗸𝘀𝘂𝗱 𝗔𝘆𝗮𝘁 𝗱𝗶𝗮𝘁𝗮𝘀:

➡ 𝘈𝘳𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘢𝘵 𝘰𝘭𝘦𝘩𝘮𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝙎𝙝𝙤𝙡𝙖𝙩 𝙞'𝙚𝙙 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘮𝘣𝘦𝘭𝘪𝘩 𝘰𝘭𝘦𝘩𝘮𝘶 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘦𝘸𝘢𝘯 𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯. 𝘐𝘯𝘪 𝘥𝘪𝘥𝘢𝘴𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘢𝘴𝘺𝘩𝘶𝘳.

➡ 𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝙎𝙝𝙤𝙡𝙖𝙩 (صلاة) 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝙎𝙝𝙤𝙡𝙖𝙩 𝙞'𝙚𝙙. 

➡ 𝘋𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝙉𝙖𝙝𝙖𝙧 (نحر) 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘮𝘣𝘦𝘭𝘪𝘩 𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯.

2️⃣ 𝗗𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝗧𝗶𝗿𝗺𝗶𝗱𝘇𝗶 𝗱𝗮𝗿𝗶𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗦𝗮𝘆𝘆𝗶𝗱𝗮𝘁𝘂𝗻𝗮 ‘𝗔𝗶𝘀𝘆𝗮𝗵 𝗥𝗼𝗱𝗵𝗶𝘆𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 ‘𝗔𝗻𝗵𝗮:

 وخبر الترمذى عن عائشة رضى الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما عمل ابن آدم يوم النحر من عمل أحب إلى الله تعالى من اراقة الدم انها لتأتى يوم القيامة بقرونها وأظلافها وان الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع من الارض فطيبوا بها نفسا أى فلتطب بها نفوسكم أو فافعلوها عن طيب نفس 

‘‘𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘮𝘮𝘢𝘥 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢:

ما عمل ابن آدم يوم النحر من عمل أحب إلى الله تعالى من اراقة الدم

‘‘𝙏𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙚𝙧𝙖𝙢𝙖𝙡 𝙤𝙡𝙚𝙝 𝘼𝙣𝙖𝙠 𝘼𝙙𝙖𝙢 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙝𝙖𝙧𝙞 𝙉𝙖𝙝𝙖𝙧 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝟭 𝘼𝙢𝙖𝙡𝙖𝙣 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙎𝙪𝙠𝙖 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝(𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘴𝘶𝘬𝘢𝘪 𝘈𝘭𝘭𝘰𝘩) 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙢𝙚𝙣𝙪𝙢𝙥𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙧𝙖𝙝 (𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘮𝘣𝘦𝘭𝘪𝘩 𝘩𝘦𝘸𝘢𝘯).

انها لتأتى يوم القيامة بقرونها وأظلافها وان الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع من الارض فطيبوا بها نفسا أى فلتطب بها نفوسكم أو فافعلوها عن طيب نفس

𝘽𝙖𝙝𝙬𝙖 𝙨𝙪𝙣𝙜𝙜𝙪𝙝 𝙝𝙚𝙬𝙖𝙣 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙨𝙚𝙢𝙗𝙚𝙡𝙞𝙝 𝙩𝙚𝙧𝙨𝙚𝙗𝙪𝙩, 𝙙𝙖𝙩𝙖𝙣𝙜 𝙞𝙖 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙝𝙖𝙧𝙞 𝙠𝙞𝙖𝙢𝙖𝙩 𝙙𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙩𝙖𝙣𝙙𝙪𝙠-𝙩𝙖𝙣𝙙𝙪𝙠𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙠𝙪𝙠𝙪-𝙠𝙪𝙠𝙪𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙣𝙜𝙜𝙪𝙝𝙣𝙮𝙖 𝙙𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙞𝙩𝙪 𝙨𝙪𝙣𝙜𝙜𝙪𝙝 𝙟𝙖𝙩𝙪𝙝 𝙞𝙖 𝙙𝙞𝙨𝙞𝙨𝙞 𝘼𝙡𝙡𝙤𝙝 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝟭 𝙩𝙚𝙢𝙥𝙖𝙩 𝙨𝙚𝙗𝙚𝙡𝙪𝙢 𝙟𝙖𝙩𝙪𝙝 𝙞𝙖 𝙙𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙠𝙚𝙗𝙪𝙢𝙞 (𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘦𝘭𝘶𝘮 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘵𝘶 𝘫𝘢𝘵𝘶𝘩 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘮𝘪 , 𝘱𝘢𝘩𝘢𝘭𝘢 𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘢𝘥𝘢 𝘥𝘪𝘴𝘪𝘴𝘪 𝘈𝘭𝘭𝘰𝘩) 𝙈𝙖𝙠𝙖 𝙗𝙖𝙜𝙪𝙨𝙠𝙖𝙣 𝙟𝙞𝙬𝙖𝙢𝙪 𝙙𝙞 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙗𝙚𝙧𝙦𝙪𝙧𝙗𝙖𝙣. (𝘮𝘢𝘬𝘴𝘶𝘥𝘯𝘺𝘢 𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬𝘭𝘢𝘩 𝘫𝘪𝘸𝘢-𝘫𝘪𝘸𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘯𝘢𝘯𝘨) 𝘼𝙩𝙖𝙪 𝙗𝙚𝙧𝙦𝙪𝙧𝙗𝙖𝙣 𝙞𝙖 𝙙𝙖𝙡𝙖𝙢 𝙠𝙚𝙖𝙙𝙖𝙖𝙣 𝙟𝙞𝙬𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙖𝙞𝙠.‘‘

3️⃣ 𝗛𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝗠𝘂𝘀𝗹𝗶𝗺 𝗗𝗮𝗿𝗶 𝗦𝗮𝘆𝘆𝗶𝗱𝗶𝗻𝗮 𝗔𝗻𝗮𝘀 𝗥𝗼𝗱𝗵𝗶𝘆𝗮𝗹𝗹𝗼𝗵𝘂 ‘𝗔𝗻𝗵𝘂:

وخبر مسلم عن أنس رضى الله عنه قال ضحى النبي صلى الله عليه وسلم بكبشين أملحين أقرنين ذبحهما بيده الكريمة وسمى وكبر ووضع رجله المباركة على صفاحهما 

‘‘Berkata ia 𝙎𝙖𝙮𝙮𝙞𝙙𝙞𝙣𝙖 𝘼𝙣𝙖𝙨 rodliyallohu 'anhu: ‘‘Telah berqurban oleh Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallama, dengan 2 kibas yang putih (keduanya) lagi yang bertanduk (keduanya). Nabi shollallohu 'alaihi wasallama, menyembelih 2 kibas tersebut dengan tangannya yang Mulia dan membaca bismillah dan bertakbir serta meletakkan kakinya yang 𝙢𝙪𝙗𝙖𝙧𝙤𝙠𝙖𝙝 (yang diberkahi) disamping lambung kedua kibas tersebut.‘‘

و معنى أملحين أبيضان أو اللذان بياضهما أكثر من سواد هما لأن الاملح قيل الابيض الخالص وقيل الذي بياضه أكثر من سواد، وقيل غير ذلك وأول طلبها كان في السنة الثانية من الهجرة

📝 𝗠𝗮𝗸𝗻𝗮 𝗔𝗺𝗹𝗮𝗵𝗮𝗶𝗻𝗶 (أملحين) 𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗵𝗮𝗱𝗶𝘁𝘀 𝗱𝗶𝗮𝘁𝗮𝘀, 𝘆𝗮𝗶𝘁𝘂:

➡ 𝟮 𝘬𝘪𝘣𝘢𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘶𝘵𝘪𝘩.

➡ 𝘈𝘵𝘢𝘶 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘢𝘬𝘯𝘢 𝟤 𝘬𝘪𝘣𝘢𝘴 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘶𝘭𝘶 𝘱𝘶𝘵𝘪𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘣𝘶𝘭𝘶 𝘩𝘪𝘵𝘢𝘮. 

✍ 𝗣𝗲𝗿𝗯𝗲𝗱𝗮𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗸𝗻𝗮 𝗔𝗹-𝗔𝗺𝗹𝗮𝗵 𝗱𝗶 𝗮𝘁𝗮𝘀 𝗱𝗶𝗱𝗮𝘀𝗮𝗿𝗶 𝗼𝗹𝗲𝗵 𝗽𝗲𝗿𝗯𝗲𝗱𝗮𝗮𝗻 𝗯𝗲𝗯𝗲𝗿𝗮𝗽𝗮 𝗽𝗲𝗻𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗤𝗶𝗹𝗮:

1️⃣ 𝘈𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝙌𝙞𝙡𝙖 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯, 𝘮𝘢𝘬𝘯𝘢 𝘼𝙡-𝘼𝙢𝙡𝙖𝙝 (الاملح) 𝘈𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘶𝘳𝘯𝘪 𝘱𝘶𝘵𝘪𝘩 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢.

2️⃣ 𝘈𝘥𝘢 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝙌𝙞𝙡𝙖 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘬𝘯𝘢 𝘼𝙡-𝘼𝙢𝙡𝙖𝙝 (الاملح) 𝘈𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘶𝘭𝘶 𝘱𝘶𝘵𝘪𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘭𝘦𝘣𝘪𝘩 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘪𝘵𝘢𝘮.

3️⃣ 𝘈𝘥𝘢 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝙌𝙞𝙡𝙖 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯, 𝘮𝘢𝘬𝘯𝘢 𝘼𝙡-𝘼𝙢𝙡𝙖𝙝 (الاملح) 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯.

➡ 𝘋𝘪𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪'𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘲𝘶𝘳𝘣𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦 𝟮 𝘥𝘢𝘳𝘪𝘱𝘢𝘥𝘢 𝙃𝙞𝙟𝙧𝙤𝙝 (𝘬𝘦𝘵𝘪𝘬𝘢 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘴𝘩𝘰𝘭𝘭𝘢𝘭𝘭𝘰𝘩𝘶 '𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘢𝘭𝘭𝘢𝘮𝘢, 𝘥𝘪 𝙈𝙖𝙙𝙞𝙣𝙖𝙝).‘‘ Semoga bermanfaat.

📡 𝗥𝗲𝗳𝗲𝗿𝗲𝗻𝘀𝗶:

📚: [𝗛𝗮𝘀𝘆𝗶𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗷𝘂𝗿𝗶 𝗷𝗶𝗹𝗶𝗱 𝟮 𝗵𝗮𝗹𝗮𝗺𝗮𝗻 𝟮𝟵𝟱]